TrendingUncategorized

Sejarah Gorengan, Sudah Tau Belum?

Foodies, siapa yang suka makan gorengan? Cemilan ini paling cocok dinikmati bareng teman minum kopi ataupun teh. Kudapan yang kapanpun kamu bisa nikmati, dan kamu bisa temukan di warung-warung kopi tradisional atau bahkan di pinggir jalan. 

 

Gorengan ada berbagai jenis seperti tempe, tahu, bakwan dan pisang yang bisa dibilang sebagai salah satu cemilan favorit orang Indonesia. Selain bisa disantap kapan saja, harganya juga murah meriah. Beberapa jenis gorengan pun bisa disantap sebagai lauk. Nah tapi pernah terlintas gak sih Foodies, kapan makanan ini mulai nge-hits di Indonesia?

 

Kali ini, Foodoo akan bahas sejarah gorengan, dan bagaimana bisa masuk ke Indonesia.

goodreads

Gorengan merupakan makanan yang ternyata sudah ada sejak lama. Ada sebuah buku berjudul ‘A History of Food’ yang mengungkapkan bahwa teknik untuk menggoreng dalam minyak yang banyak atau dikenal sebagai deep frying sudah ada sejak 1200 SM di Mesir. Teknik menggoreng ini pertama kali ada di Mesir dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.


Jadi, tidak heran jika di seluruh dunia ada berbagai jenis gorengan yang berbeda-beda ya Foodies. Seperti di Amerika yang memiliki ayam goreng, atau Inggris dengan fish and chips, dan Jepang dengan tempura. Lalu, bagaimana dengan gorengan di Indonesia? Darimana datangnya pengetahuan teknik gorengan?

wiratech.com

Di Nusantara sendiri, gorengan datang dari pendatang Cina. Cina membawa banyak pengaruh dalam dunia kuliner Indonesia, seperti mie, bakso, nasi goreng, dan tak terkecuali adalah gorengan. China mengenalkan dua teknik menggoreng, yakni sedikit minyak (jian) dan banyak minyak (zha). Teknik zha menjadi dasar gorengan di Indonesia. Sebelumnya, Teknik memasak di Indonesia hanya dengan mengeringkan, mengasinkan, merebus, mengkukus, dan mengasapkan. Ilmu menggoreng kemudian diadaptasi oleh orang Indonesia, maka itu jangan heran jika kita mengembangkan berbagai jenis gorengan, Foodies.

 

Ada banyak jenis gorengan di Indonesia, seperti ote-ote, pisang goreng, cireng, dan bakwan. Semuanya dibalut dengan tepung kemudian digoreng dalam minyak yang banyak.

wikipedia

Kemudahan membuat gorengan dan harga hang murah menjadi alasan mengapa gorengan digemari banyak orang. Kini semua makanan itu bisa ditemukan di pinggir jalan, atau bahkan ada di cafe-cafe tempat nongkrong loh. 

 

Ternyata dari Mesir kemudian dibawa oleh China, perjalanan gorengan sampai ke Indonesia jauh juga ya, Foodies.